Nike vs Adidas Piala Dunia 2014
Piala Dunia 2014 tak hanyna menjadi pertandingan bagi
tim antar negara yang layak disaksikan. Pertandingan yang tidak kalah seru
adalah atara dua raksasa produsen pakaian dan perlengkapan olahraga, Nike dan
Adidas.
Adidas telah lama menjadi merek terkemuka dalam olahraga
sepakbola. Akan tetapi, Nike pun telah mulai menancapkan kuku di dalam industri
tersebut. Kedua perusahaan telah gencar melakukan promosi, namun saham Adidas
lebih melonjak tinggi.
Seperti dikutip dari CNN Money, Jumat (6/6/2014), perusahaan
asal Jerman tersebut dikabarkan merogoh kocek lebih dalam untuk kegiatan
promosi produk pada ajang Piala Dunia. Adidas enggan menyebutkan angka pasti,
akan tapi CEO Herbert Hainer mengatakan pihaknya telah mengeluarkan angka dua
digit juta (dollar AS) untuk keperluan iklan.
"Bagi mitra penuh FIFA seperti Adidas, Piala Dunia
adalah pertandingan penting. (Ajang) itu melegitimasi brand mereka, keterkaitan
mereka dengan FIFA, dan keseluruhan pertandingan sepakbola secara global,"
kata CEO perusahaan pemasaran olahraga Repucom Paul Smith.
Kesuksesan promosi ini akan sangat membantu Adidas mencapai
target pendapatan 2,7 miliar dollar AS dari divisi sepakbola tahun ini. Ini
berarti mengalahkan Nike yang meraup 1,9 miliar dollar AS dari sepakbola tahun
lalu.
Nike adalah perusahaan perlengkapan olahraga terbesar dunia,
dengan pendapatan 25,3 miliar dollar AS tahun 2013. Adapun Adidas berada di
urutan kedua dengan pendapatan 16,3 miliar dollar AS.
Meskipun Adidas berada di bawah Nike dari sisi pendapatan,
namun Adidas punya ikatan yang kuat dengan Piala Dunia. Perusahaan ini telah
menjadi sponsor bagi pesta sepakbola dunia itu sejak 1970.
Adidas adalah 1 dari 6 mitra Piala Dunia, bersama Budweiser,
Coke, dan Visa. Adidas dikabarkan tidak ingin mengakhiri hubungan dengan Piala
Dunia. Tahun lalu, Adidas memperpanjang kerjasama dengan Piala Dunia hingga 60
tahun mendatang.
Persaingan Nike vs Adidas
Reviewed by Kwanyar News
on
05.18
Rating: